1. Mugen(Japan)
Nah ini dia merek ternama yang memang identik dengan Honda, ibarat Toyota dengan TRD-nya. Tidak terlalu banyak Mugen Exhaust yang masuk Indonesia, SS Performance Bandung salah satu yang memasukannya. Bentuknya mirip dengan orisinalnya (pada kasus Jazz GE), namun tentu tenaganya bertambah. Harga mulai 5 jutaan…
2. HKS (Japan)
Sejauh KBY tahu ada dua tipe, Hi-Power dan Silent. Tipe Silent memiliki pipa berlapis chrome hingga sambungan untuk pipa knalpot mobil belakang, sementara Hi-Power pipa belakangnya berwarna hitam doff. HKS merupakan merek yang paling banyak tiruannya, baik knalpot maupun printilannya seperti air filter, volt stabiliser, oil cap dll…
Suaranya serak serak basah, sementara Silent – jangan terpancing namanya – hanya sedikit lebih senyap saja dari Hi-Power. Harga baru: mulai dari 4 jutaan
3. Fujitsubo (Japan)
Ini dia exhaust yang sempat happening berat di kalangan komunitas Jazz sekitar tahun 2007 bahkan copotannya pun ditungguin! Fujitsubo terkenal akan suaranya yang halus dan memenuhi standar suara dari negara Jepang (JASMA). Namun meskipun suaranya paling halus diantara yang lain tidak berarti tenaganya tertahan.
Fujitsubo yang beredar saat itu ada beberapa tipe, yang sering digunakan adalah tipe Legalis dan Wagolis. Si Kuro sempat cukup lama memakai si Legalis. Ada juga tipe cat back alias full systemdengan tipe Power Getter yang mendongkrak tenaga cukup signifikan. Harga baru mulai dari 4 jutaan.
4. Spoon (Japan)
Dari sisi brand, Spoon dapat dikatakan yang paling familiar setelah HKS. Brand dengan lambang angsa ini mempunyai bentuk yang mungkin biasa saja, cenderung konservatif, namun output yang dihasilkannya bisa dipertanggung jawabkan, hanya kalah oleh J’s Racing Titanium.
Sayang suara dengungannya masuk hingga ke kabin, bagi yang sensitif dapat membuat kepala pusing.. Spoon juga sudah banyak replikanya di pasaran. Harga baru: mulai dari 4 jutaan
5. J’s Racing (Japan)
Ini dia yang jadi inceran banyak modifikator, modelnya mungkin cenderung biasa saja, namun suaranya mantap dan hasil kenaikan powernya paling signifikan diantara bolt on yang lain. J’s Racing Titanium yang ringan dapat menaikkan tenaga hingga 5 hp sendiri.. Sementara tipe stainlessnya kurang digemari karena lebih berisik dan berat.
KBY tidak pernah kesampaian punya J’s Racing karena sekennya pun bisa 4-5 jutaan tergantung kondisi.. Harga baru 5-8 jutaan.
6. Greddy/ Trust (Japan)
Merek Greddy/ Trust lebih dekat ke Mitsubishi, namun bukan berarti mereka tidak menyediakan untuk merek lain. Tipe Beat Max Ti dengan titanium tip menjadi pilihan KBY untuk dipasang pada si Kuro. Mengapa? Simple, ogah sama dengan yang lain hehe. Plus kesengsem modelnya dan ternyata suaranya juga pas, kering, parau namun tidak menggelegar ketika digeber. Harga baru 4 tahun lalu itu sekitar 4 jutaan.
No comments:
Post a Comment